Muse Buzz :
Home » » Diakhiri Dengan Tabbaruj

Diakhiri Dengan Tabbaruj

SENANG sekali rasanya mendapat kabar dari seorang sahabat akan segera menyempurnakan separuh Dien ini. Ucapan selamat dan do’apun dipastikan turut serta mengiringi hari indah dan bahagia itu. Namun, haruskah kemudian berubah bentuk begitu, meski hanya sehari saja?
Al-Ukh yang biasanya, dalam hari-hari luar biasanya tampil begitu apa adanya, polos dan seindah warna aslinya. Hanya dalam selang waktu semalam tampil begitu berbeda, bahkan kontras. Lalu, sebenarnya pemaknaan apa yang ingin disuguhkan dihari yang diberkahi itu?
“Hanya sehari, dan sekali seumur hidup mungkin” kata seorang sahabat lain menanggapi tanpa ingin mempersoalkan lebih lanjut.
“Hanya”? Saya mengerutkan dahi. Jelas-jelas bertabbaruj ria begitu dibilang ‘hanya’ dan semuanya seolah menjadi baik-baik saja? Ah, sepertinya tidak begitu halnya dengan saya.
Entah apakah saya yang terlalu mempersoalkan atau mereka yang tak mau ambil pusing. Yang jelas, dan yang saya fahami, seorang muslimah dilarang bertabbaruj kecuali di depan yang sudah menjadi haknya. Tak pernah ada toleransi waktu apakah itu semenit atau sehari, pun tak ada toleransi moment entah itu nikahan, wisudaan atau hajatan-hajatan lainnya.
Rasanya terlalu sayang, kalo ‘izzah’ keakhwatannya berakhir di moment berkah itu, yang seharusnya tetap Allah yang menjadi perhatian utama, bukan manusia dan yang lainnya. Dan haruskah memang begitu? Masa ‘keakhwatan’ diakhiri dengan tabbaruj. Kalau toh alasannya biar kelihatan tidak pucat, Perlukah setebal itu? Bukankah sekedarnya saja sudah cukup?
Ayolah ukhti… Allah telah meninggikan kedudukan kita dengan penjagaan terbaik lewat syari’atNya. Maka, tak selayaknya kita merendahkan apa yang sudah Ia tinggikan.
Share this article :

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dewa Copas - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template