Muse Buzz :
Home » » Keluar Dan Lihatlah Dunia!

Keluar Dan Lihatlah Dunia!

tunas baruADA dua biji tanaman yang terbenam dalam tanah. Biji pertama berkata: “Aku ingin tumbuh besar, aku ingin menancapkan akarku dalam-dalam ditanah ini. Aku ingin tunas-tunasku tumbuh diatas tanah ini. Aku ingin melambaikan tunasku menyambut datangnya musim semi. Aku ingin merasakan hangatnya mentari dan lembutnya embun pagi lewat daun-daunku.”
Biji itupun tumbuh menjulang menjadi sebatang tunas yang kuat.
Sementara itu, biji kedua berkata lain:
“Aku takut. Kalau kutancapkan akarku kedalam tanah ini, aku tak pernah tau apa yang akan terjadi didalam sana. Bukankah didalam sana amat gelap? Jika kuperlihatkan tunasku, tentunya banyak hewan yang akan merusaknya. Apa yang akan terjadi kalau tunasku terbuka dan terinjak sapi? Dan kalau tunasku tumbuh lebih tinggi, tentu manusia-manusia akan mencabutnya. Tidak, aku tidak mau tumbuh. Aku akan menunggu dulu sampai semuanya aman.”
Biji itupun menunggu sendirian dalam gelapnya tanah.
Beberapa hari kemudian, seekor ayam mengais-ngais tanah didaerah itu. Ia mendapati sebuah tunas muda yang cukup kuat, yang berasal dari biji pertama, dan dia tidak sanggup memakannya. Tapi, ia juga mendapati biji kedua didalam tanah bekas kaisannya itu yang agak lemah. Iapun memakannya.
Tamatlah riwayat biji kedua. Ia tak pernah bisa untuk hidup dan membuat sebuah cerita dan karya nyata dalam hidup manusia, dan juga makhluk lain. Ia terlalu takut sebelum mencobanya.
Sedangkan biji kedua dengan ketangguhannya. Ia berani untuk keluar melihat dunia yang luas dengan segenap keindahannya. Memang ada juga keburukannya, tapi jika kita berani. Allah akan selalu menguatkan kita, membantu kita menempuh jalan yang dipilih. Jika Allah menghendaki.
Selalu ada pilihan dalam hidup ini. Masing-masing pilihan memiliki konsekuensi masing-masing.
Namun, seringnya kita menjatuhkan pilihan justru pada pilihan yang memberikan kenyamanan dalam jangka pendek saja. Pada akhirnya, waktu berlalu tanpa ada makna baru yang bisa kita dapatkan dalam hidup.
Kita kerap terbuai oleh alasan-alasan yang membuat kita tetap berada dalam kondisi saat ini meski disekeliling kita banyak peluang untuk menjadi lebih baik.
Share this article :

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dewa Copas - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template