Muse Buzz :
Home » » Material Paling Elastis di Dunia

Material Paling Elastis di Dunia

HidrogelSebuah hidrogel baru buatan para ilmuan menjadi material paling elastis di dunia netinya hidrogel ini akan digunakan untuk mengantikan tulang rawan yang rusak di sendi manusia.
Ilmuan yang tegabung dalam tim peneliti dari Harvard School of Engineering and Applied Sciences (SEAS) berhasil membuat Hidrogel baru yang memiliki kekuatan elastisitas yang luar biasa hidrogel ini yang mampu memanjang hinga 21 kali lipat dari panjang aslinnya selain memeiliki elastisitas yang luara biasa Hidrogel ini juga memiliki jaringan penyembuhan diri.
Hidrogel yang ada saat ini dinilai kurang mampu untuk mengantikan turalng rawan yang rusak karena dinilai elastisitasnya yang lemah namun dengan penemuan baru ini hidrogel bisa digunakan sebagai penganti tulang rawan manusia.
Menurut peneliti bernama Jeong-Yun Sun material baru ini sangat cocok untuk bahan dasar tulang rawan artifisial. Tulang rawan artifisial berfungsi mengatasi masalah penderita arthritis, serta penyakit tulang dan sendi lainnya.
Untuk membuat hidrogel baru ini tim ilmuan membutuhkan dua komponen yang berbeda.
Komponen utama adalah poliakrilamida, yang dikenal penggunaannya untuk lensa kontak dan sebagai elektroforesis gel yang memisahkan fragmen DNA dalam laboratorium biologi.
Sedangkan komponen kedua adalah alginat, yang merupakan ekstrak rumput laut yang kerap digunakan untuk mengentalkan makanan.
Namun hidrogel baru ini dapat kehilangan kemampuan elastisnya jika telah mencapai batas maksimum batas elastisitas, namu  jika dipansakan dengan suhu mencapai 80 drajat hidrogel ini mampu kembali menjadi elasti.
Share this article :

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dewa Copas - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template